Sabtu, 03 Oktober 2009

PREDIKSI KISI- KISI SOAL GEOGRAFI

UJIAN NASIONAL 2008-2009

No.

S K L

Materi

Indikator

No Soal

1

Memahami hakekat, objek, ruang lingkup, aspek dan pendekatan geografi

Konsep dasar geografi

Pendekatan geografi

Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan konsep geogafi yang berkaitan dengan kasus tersebut

Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan pendekatan yang digunakan untuk memcahakan masalah tersebut

1

2

2

Menganalisa dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan

Lempeng tektonik

Batuan Pembentuk Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Gempa Bumi

Pelapukan

Erosi

Sedimentasi

Siklus

Air Tanah

Sungai

Morfologi Pantai

Gerakan Air Laut

Lapisan Atmosfer

Kelembaban Udara

Awan/Hujan

Klasifikasi Iklim

Persebaran flora dan fauna

Fauna dunia

Siswa dapat mengidentifikasi jenis lempeng di permukaan bumi dan wilayahnya

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis batuan beku

Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian dari lipatan

Disajikan karaktristik suatu letusan, siswa dapat menentukan tipe letusan yang terjadi

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bentukbentuk gunung api tertentu

Disajikan data pencatatan siemograf, siswa dapat menghitung jarak stasiun dengan pusat gempa bumi

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk hasil pelapukan kimiawi

Disajikan suatu berbagai bentuk muka bumi, siswa dapat menentukan bentuk muka bumi hasil dari erosi tertentu

Siswa dapat menentukan bentuk muka bumi hasil sedimentasi

Disajikan suatu gambar siklus, siswa dapat menenentukan proses siklus yang terjadi pada suatu siklus

Disajikan sautu gambar , siswa dapat menentukan zona-zona air tanah

Disajikan beberapa gambar, siswa dapat menentukan bentuk suatu pola aliaran sungai pada daerah tertentu

Disajikan bentuk morfologi pantai, siswa dapat menunjukkan morfologi daerah pantai

Siswa dapat mengidentifikasi arus panas yang terdapat di samudera

Disajikan sautu gambar siswa dapat menentukan fenomena yang terjadi pada siautu lapisan

Siswa dapat mengaplikasikan rumus kelembaban nisbi

Disajikan karakterisitik hujan tertentu, siswa dapat menentukan jenis hujan yang terjadinya

Siswa dapat menentukan tipe iklim suatu daerah berdasarkan Schmidt-Ferguson

Menunjukkan contoh persebaran fauna yang berada di Indonesia

Siswa dapat mengidentifikasi fauna pada daerah tertentu

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

3

Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam kehidupan sehari-hari

Pertumbuhan penduduk

Mobilitas penduduk

Komposisi penduduk

Faktor Pendorong Industri

Klasifikasi Industri

Siswa dapat memprediksi jumlah penduduk suatu daerah

Siswa dapat menentukan macam-macam mobilitas penduduk

Siswa dapat membaca komposisi penduduk tertentu

Dsajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi faktor pendorong industry

Siswa dapat mengklasifikasikan industri

23

24

25

26

27

4

Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geografi

Komponenen peta

Skala peta

Proyeksi peta

Membaca peta

Siswa dapat menentukan komponen utama suatu peta

Siswa dapat menentukan skala suatu peta yan tidak memiliki skala

Disajikan gambar proyeksi peta, siswa dapat menentukan jenis proyeksi untuk daerah tertentu

Siswa dapat menyebutkan karakteristik garis-garis kontur pada peta dengan benar

28

29

30

31

5

Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer

Komponen Inderaja

Macam-macam citra

Interpretasi citra

Sumber data SIG

Pemanfaatan SIG

Disajikan bagan proses inderaja, siswa dapat menunjukkan komponen-komponen inderaja dengan benar

Siswa dapat menyebutkan pembagian citra dengan benar

Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yuag memengaruhi rona suatu citra

Siswa dapat menentukan sumber data SIG di lapangan

Siswa dapat menjelaskan penerapan SIG dalam bidang lingkungan

32

33

34

35

36

6

Mendeskripsikan perkembangan wilayah

Ekosistem desa

Pola Keruangan Desa

Interaksi desa kota

Negara berkembang dan negara maju

Disajikan suatu karatkerisitik, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur suatu desa

Disajikan gambar pola keruangan desa, siswa dapat menenentukan pola keruangan desa yang tedapat didaerah tertentu

Disajikan sautu data penduduk dan jarak beberapa kota, siswa dapat menentukan kekuatan interaksi

Disajikan suatu gambar, siswa dapat menentukan salah satu negara maju/berkembang

37

38

39

40

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com